Biar #CerdasDenganUangmu, Mari Mulai Investasi Saham


Apa yang Anda pikirkan ketika mendengan kata “Saham”?  Mahal, hanya untuk orang kaya, benarkah! Pemikiran ini kurang tepat, kini untuk memulai investasi saham cukup menyediakan dana awal sebesar  Rp.100.000,-. Dengan dana tersebut Anda sudah bisa membeli salah satu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Malas ah, entaran ketika agak tua, saat ini masih mau senang-senang. Mungkin saat ini Anda masih bisa berfikit seperti itu dan enggan mulai investasi. Coba pikirkan fakta-fakta ini.

#1. Semua orang yang kamu cintai pasti akan pulang
Agak sedih kedengarannya, tapi ini fakta yang gak bisa dihindari. Tidak ada orang yang bisa hidup abadi di muka bumi ini. Begitu juga dengan orang-orang yang Anda sayangi.

Fakta ini bisa menjadi pemicu agar kedepannya tidak terlalu bergantung kepada meraka dalam hal finansial.

Misalnya dengan orang tua. Mungkin Anda memiliki pekerjaan tetap, tapi mereka masih memberikan tempat tinggal gratis, makan gratis, tidak perlu memikirkan tagihan listrik, dan bisa pinjam uang ketika lagi bokek.

Ketika mereka sudah tiada, maka fasilitas itu tidak bisa lagi Anda nikmati. Bayangkan, betapa beratnya beban hidup untuk menanggung kebutuhan sehari-hari. Mulai sekarang ingatlah fakta ini dan mulai berinvestasi.

#2. Harga bahan pangan meningkat terus

Sepanjang tahun 2018 terjadi berbagai gejola yang menyebabkan harga bahan pokok mengalami kenaikan. Inilah yang disebut dengan inflasi.

Bank Indonesia memperhitungkan laju inflasi sepanjang tahun 2018 sebesar 3,07 persen. Inflasi masih taraf rendah dan terkendali. Terlepas dari itu, tetap saja harus mengeluarkan uang lebih dari tahun sebelumnya.

Bagaimana cara Anda melawan inflasi yang terus naik? Inflasi tidak bisa dilawan dengan menabung, inflasi hanya bisa dilawan dengan investasi. Dengan investasi uang Anda bisa melebihi inflasi tiap tahunnya.

#3. Tidak selama bisa bekerja

Tidak orang yang mengiginkan sakit. Sebagai manusia biasa tidak mungkin dalam seumur hidupnya tidak sakit. Ketika itu terjadi maka pendapatan Anda akan berkurang. Sedangkan kebutuhan terus meningkat seiring laju inflasi. Anda harus #CermatDenganUangmu.

#4. Anda gak akan pernah hidup sendirian

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda akan menyeadari betapa tidak bisa hidup sendirian. Anda membutuhkan pendamping yang memiliki visi dan komitmen membangun rumah tangga.

Dan faktanya biaya penikahan tidak murah, apa lagi untuk pesta pernikahan. Bagaimana Anda membayar itu semua? Mulai untuk berinvestasi, biaya itu akan menjadi lebih ringan.

Setelah mengetahui fakta-fakta diatas? Apakah sudah memiliki keinginan untuk investasi saham?

Jika sudah, kita akan membahas keuntungan investasi saham.

Keuntungan investasi saham

Terdapat dua keuntungan yang Anda terima ketika berinvestasi saham, yaitu:

#1. Dividen

Dividen merupakan pembagian laba yang akan diberikan oleh perusahaan kepada para pemegang saham. Dividen diambil dari keuntungan bersih yang didapat perusahaan.

O iya.. tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada pemegang saham. Kenapa? Biasanya perusahaan tidak membagikan dividen karena ingin melakukan ekspansi atau mengembangkan usaha. Ini biasa dilakukan oleh perusahaan yang dalam tahap pengembangan.

#2. Capital gain (kenaikan harga saham)

Capital gain merupakan keuntungan yang diterima pemegang saham dari hasil selisih harga beli dan harga jual saham.

Jadi, Anda harus menjual saham dengan harga lebih tinggi dari harga beli. Contohnya Anda membeli saham BRI Syariah diharga Rp510,- per lembar saham. Kemudian menjual dengan harga Rp.530,- per lembar saham. Anda akan mendapatkan capital gain sebesar Rp20,- per lembar saham.

Bagaimana? Menarikan investasi di saham. Mendapatkan dua keuntungan langsung. Belum lagi Anda memiliki kebanggaan karena memiliki perusahaan besar.

Misalnya Anda memiliki saldo Rp100.000,- pada rekening saham. Kemudian Anda membeli 100 lembar saham BRI Syariah dengan harga Rp51.000,- . Maka Anda adalah pemilik yang sah atas BRI Syariah.

Jika tertarik investasi di saham, ada  baiknya mengikuti sekolah pasar modal di daerah Anda. Dengan mengikuti kelas ini, Anda akan diajarkan lebih lengkap mengenai saham. Biaya juga terjangkau hanya Rp100.000,-. Etts jangan salah paham dulu, uang itu akan dikembalikan kepada Anda dalam bentuk tabungan saham, jadi sekolah pasar modalnya free alias gratis. (daftar disini)

Investasi bukan untuk segelintir orang, bisa juga untuk umum. Apa pun latar belakang Anda, pasti bisa investasi saham. Yang penting Anda mau belajar dan mencoba. Ditunggu kisah sukses Anda bermain saham.

Belum ada Komentar untuk "Biar #CerdasDenganUangmu, Mari Mulai Investasi Saham"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel